Rabu, 08 Februari 2017

CARA BUDIDAYA TANAMAN SAWI ORGANIK

CARA BUDIDAYA TANAMAN SAWI ORGANIK

1. Pembenihan sawi
Kebutuhan benih antara 650 gr / ha , Jika benih membuat sendiri maka sawi harus berumur 70 hari dan pengunaan benih tidak lebih dari 3 tahunan , agar tidak merusak pada tanaman sawi.
2. Pembibitan Sawi
Sebelum bibit disebar kedalam tanah maka lakukan terlebih dahulu perendaman dengan larutan precivur N dengan konsentrasi 0,1  % selama 2 jam . kemudian sawi di sebarkan pada bedengan persemaian dengan media semai sedalam 7 cm dan di siram secara teratur.
3. Persiapan Lahan 
Lahan harus di olah terlebih dahulu dengan cara di gemburkan sedalam 2 – 3 cm kemdian dengan arah kearah bujur dari barat ketimur agar mendapatkan cahaya yang penuh . Lebar bedengan sebaiknya 100 cm , Tinggi 30 cm dan panjang sesuai dengan kondisi lahan dan jarak antara bedengan yaitu sekitar 30 cm.
4. Penanaman Sawi 
Penanaman Bibit berumur 2 – 3 minggu setelah di semai di tanam dengan lubang dan jarak antara 20 x 20 cm agar tanaman tidak terken hama pada tanah secara cepat.
5. Pemeliharaan Sawi 
Penyiraman di lakukan secra rutin agar tidak kekurangan air pada sawi , penyemprotan pestida dengandosis yang sesuai agar sawi tidak mengalami kematian dan layu .
6. Pemanenan Sawi 
Pemanenan sawi di lakukan dengan 2 cara yaitu dengan mencabut sampai akar dan memotong bagian pangkal pada batang . umur panen yaitu 40 hari setelah tanam , sebaiknya tanaman harus di perhatikan terlebih dahulu bentuk , warna dan ukuran pada daun.

Sumber : http://fredikurniawan.com/penanaman-sawi-secara-organik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar