Rabu, 08 Februari 2017

GEDEBOG PISANG UNTUK MEDIA TANAM SAYURAN ORGANIK

GEDEBOG PISANG UNTUK MEDIA TANAM SAYURAN ORGANIK

Organikilo.co : Manfaat Gedebog pisang memang sangat baik untuk pertanian , kebanyakan dari petani pisang yang telah usai panen biasanya hanya membuang pohon pisang tanpa dimanfaatkan. Selain mempunyai manfaat untuk digunakan sebagai pupuk cair organik atau pun BOKASHI , ternyata batang pisang (GEDEBOG) dapat di manfaatkan sebagai media tanam sayuran. Adapun jenis sayuran yang bisa di tanam menggunakan limbah pohon pisang ini adalah Cabai , Terong , Tomat , Bayam , Sawi , Kangkung dan sejenisnya.
Budidaya Sayur organik menggunakan batang Pisang
Manfaat Batang Pisang Untuk media Tanam Sayuran Organik kredit gambar bebeja.com 
Keunggulan menanam atau budidaya sayur organik menggunakan media batang pisang ternyata sangat hemat air untuk penyiraman , jika perlakuan tempat menggunakan paranet atau shading net  (green house) dalam masa 3 bulan sayuran yang anda tanam tidak memerlukan penyiraman intensif. Meski tidak mendapat siraman, budidaya sayur dengan media batang pisang mampu tumbuh subur , ini karena gedebog mempunyai cadangan air yang sangat di butuhkan oleh tumbuhan untuk tumbuh kembangnya.

CARA MENANAM SAYUR MENGGUNAKAN GEDEBOG PISANG

Metode atau cara budidaya sayuran ini sangat mudah dan praktis , anda hanya membutuhkan beberapa batang pohon pisang atau tergantung berapa banyak sayuran yang akan anda budidayakan. peralatan dan bahan yang lain anda butuhkan adalah Bokashi dan campuran tanah 1 : 2 , 1 bagian bokashi dan 2 bagian untuk tanah , Kaleng bekas diameter lebih kuran 10 cm untuk melubangi batang pisang ( jarak tanam sesuaikan dengan kebutuhan anda )

PERSIAPAN MENANAM SAYURAN ORGANIK

Yang harus dipersiapkan adalah bibit sayur yang akan di budidayakan menggunakan teknik organik, penyemaian benih terlebih dahulu lebih baik untuk menanam cabai , tomat dan terong. Setelah gedebog pisang dilubangi isi dengan campuran bokashi dan tanah yang telah di buat , kemudian biarkan selama 3 – 5 hari selanjutnya tanam bibit ketika pengisian bokashi telah mencapai 3-5 hari. Untuk menjaga kelembaban suhu sebaiknya lahan yang anda jadikan tempat budidaya telah di pasang dengan paranet.

PERAWATAN TANAMANUntuk perawatan tanaman budidaya anda tidaklah repot , karena yang diperlukan hanya penyemprotan pupuk cair organik setiap 5 hari sekali dan di selingi dengan pengendalian hama atau pestisida organik buatan sendiri. Jika di perlakukan secara baik dan tepat budidaya sayur organik menggunakan gedebog pisang akan memberikan hasil yang maksimal tanpa penyiraman. Teknik budidaya ini sangat sesuai untuk daerah yang kurang atau terbatas sumber air.
Nah , demikian ulasan tentang Gedebog Pisang Untuk Media tanam Sayuran Organik . semoga membawa manfaat untuk para pecinta budidaya organik di Nusantara , Salam Sukses untuk kita semua.
https://organikilo.co/2014/11/gedebog-pisang-untuk-media-tanam-sayuran-organik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar